Sekarang kita melihat ribuan orang bermain game online seperti tetris, ping pong, mario bros, super mario dll secara gratis, tetapi meskipun sejarahnya berasal dari tahun 1970-an, bagi kebanyakan orang game online dimulai dengan ledakan Internet pada tahun 1993 dan dengan munculnya Doom dan Warcraft sekitar tahun 1994 atau 1995. Ini mendapat dorongan lebih lanjut dengan penerbit mulai menambahkan konektivitas Internet ke permainan komputer pada 1994-95.
Faktanya, media sendiri tidak mengetahui tentang sejarah game online. Sejauh yang mereka ketahui, game online hanya kebetulan terjadi ketika pengiklan mereka mulai memproduksi game berkemampuan Internet. Tapi tidak begitu…
Tahun-tahun awal pembangunan
Pada awal tahun 1950-an seorang mahasiswa menciptakan permainan seperti Tic-Tac-Toe untuk proyek kelas yang akan dimainkan di komputer dinosaurus pada happymod masa itu lengkap dengan tabung sinar katoda untuk tampilan layar. Tahun 1960-an mahasiswa MIT memprogram sebuah permainan yang disebut “Perang luar angkasa” yang dapat dimainkan dengan dua orang melalui jaringan primitif. Akhir 1960-an menghadirkan video game “nyata” pertama seperti tenis meja dan game penembak.
Tahun 70-an – permainan dimulai
Game online yang serius dimulai dengan game online interaktif pertama yang disebut ADVENT. Faktanya, game berjejaring dikonseptualisasikan dengan ADVENT. Game berjejaring membuat pengguna bermain melawan satu sama lain dalam dunia fantasi online. Permainan jaringan pertama disebut Mazewar, permainan yang melibatkan pemain jaringan bepergian melalui labirin dan mencoba untuk membunuh satu sama lain.
Berikutnya adalah interaksi interpersonal dalam lingkungan multi-pemain. Game pertama seperti itu disebut DUNGEN. DUNGEN memiliki pemain yang bersaing satu sama lain untuk menyelesaikan serangkaian pencarian. DUNGEN dilengkapi dengan pengaturan dan pemain baru setiap kali pengguna masuk.
Akhir 1970-an melihat awal dari kegilaan video game dengan semakin banyak rumah tangga yang mengerti komputer. Sebagai akibat wajar alami, orang mulai menulis permainan mereka sendiri untuk komputer rumah. Para penghobi pemrograman ini memperdagangkan dan menjual game buatan sendiri ini di pasar lokal.
Perubahan lain di tahun 1970-an adalah konsol game rumahan yang menggunakan kartrid game. Itu berarti orang-orang dapat mengumpulkan kartrid game untuk satu unit dasar daripada memiliki sistem konsol game yang besar.
Tahun 80-an – beberapa jeda sebelum badai
Tahun 1980-an terjadi peningkatan kegemaran untuk video dan permainan komputer, tetapi permainan online belum ada di depan mata. Game baru dengan suara dan grafik yang lebih baik diperkenalkan dan mendapatkan popularitas. Pole Position dan Pac-man adalah dua yang meraih popularitas besar. Itu selama tahun 1980-an ketika Nintendo memperkenalkan sistem game pertamanya.
Tahun 90-an – revolusi dimulai
Tahun 1990-an melihat pertumbuhan fenomenal dalam popularitas dan teknologi terutama karena munculnya 3-D dan multimedia.
Myst, game petualangan intelektual memperkenalkan game dalam format CD-ROM. Perangkat keras grafis 3-D yang lebih mewah memungkinkan game FPS (first person shooter) seperti Quake.